Selasa, 10 April 2012

Tips Saat Koneksi Speedy Terputus

Kebanyakan pelanggan Speedy, saat internet tidak bisa diakses langsung buru-buru telepon ke 147 untuk komplain. Sebenarnya cara tersebut tidak bisa disalahkan juga, karena itu adalah hak pelanggan untuk komplain atau melaporkan gangguan saat koneksi Speedy tidak bisa diakses. Tapi ada baiknya sebelum melaporkan gangguan, dicek dahulu perangkat-perangkat yang ada, seperti misalnya modem,komputer,dan kabel teleponnya.

Ada beberapa Error Message yang sering muncul saat akan mengakses Speedy dengan menggunakan setting Bridge (mengharuskan Dial-Up Connection,seperti pada dial-up) :
  • Error 691 : Cek kembali username dan password, format username terdiri dari 12 digit dan diakhiri dengan @telkom.net, format standar password (jika belum diganti di  www.telkomspeedy.com) terdiri dari 10 digit karakter acak.
  • Error 678 : Pastikan modem dalam keadaan menyala (ON) , pastikan juga lampu indicator ADSL/Sync ADSL/ADSL Link (nama tergantung merek dan tipe modem), ping ke modem (Stаrt “ Rυn “ cmd), jika ada аnѕwеr berarti modem masih berfungsi.
  • Error 791 : Local Area Connection (LAN) dalam keadaan disable, masuk ke Control Panel “ Network Connection “ Klik kanan pada icon LAN tsb kemudian enable.
  • Error 681 : Phone Line іѕ Busy, coba konek beberapa kali. Kalau masih belum bisa, matikan modem terus nyalakan lagi.
Selain muncul pesan error tersebut, pelanggan juga sering mengalami lampu ADSL/Sync tidak menyala.
  • Pastikan kabel telepon telah terpasang dengan benar (tidak longgar), pastikan juga kalau kabel telepon terpasang pada lubang splitter dengan benar, karena di splitter tersebut ada petunjuk untuk kabel untuk ke modem, telepon, dan kabel dari KTB.
  • Angkat telepon, apakah ada voice (tone)?
  • Jika ada tone, dan sudah dipastikan kabel telepon terpasang dengan benar, langsung lapor gangguan ke 147, dengan laporan bahwa lampu ADSLnya tidak menyala.
  • Jika tidak ada tone, cek langsung ke KTB (kotak kabel telepon yang ada di rumah)
  • Jika ada tone, cek IKR (Instalasi Kabel Rumah), mungkin ada kabel yang terputus.
  • Jika tidak ada tone, lapor gangguan ke 147, ke bagian gangguan telepon
Penyebab lain tidak bisa akses Speedy adalah modem, pastikan modem tidak mengalami hang.
  • Ping ke modem (Stаrt “ Rυn “ cmd) atau masukkan alamat modem di web browser.
  • Jika ada аnѕwеr atau bisa masuk ke alamat modem tersebut berarti modem dalam keadaan normal/berfungsi.
  • Jika tidak ada аnѕwеr, modem bisa direset untuk mengembalikan ke settingan semula (default), setelah itu masuk ke alamat modem di web browser, dan setting ulang modem tersebut (untuk parameter setting modem, bisa langsung ditanyakan ke 147, karena setiap  daerah mempunyai parameter yang berbeda untuk VPI dan VCI,
    A. Jakarta
    1. Untuk Modem ADSL buatan Alcatel-Lucent (France)
    Encapsulation = PPPoA • VPI = 8 • VCI = 35

    2. Untuk Modem ADSL buatan Huawei Technologies Co Ltd (China)
    Encapsulation = PPPoE • VPI = 0 • VCI = 35 (lama)

    Encapsulation = PPPoE • VPI = 8 • VCI = 81 (updated, thanks to s4nji)

    3. Untuk Modem ADSL buatan Siemens AktienGesellschaft (Germany)
    Encapsulation = PPPoA • VPI = 1 • VCI = 33

    B. Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi

    1. Untuk DSLAM buatan ZTE (ZhongXing Telecommunication Equipment Co Ltd)(China)
    Encapsulation = PPPoE • VPI = 8 • VCI = 81

    2. Untuk DSLAM buatan Huawei Technologies Co Ltd (China)
    Encapsulation = PPPoE • VPI = 0 • VCI = 35

    3. Untuk DSLAM buatan ArticoNet
    Encapsulation = PPPoE • VPI = 0 • VCI = 35

    4. Untuk Modem ADSL buatan TP-Link (yang paling sering digunakan adalah tipe TD-8817)
    Encapsulation = PPPoE LLc • VPI = 0 • VCI = 35
  • Cek username dan password, dan juga parameter setting yang diisikan di modem.
  • Cek apakah selection NAT (Network Address Translation) sudah diaktifkan, selection ini harus dipilih agar koneksi bisa dishare.
  • Cek IP Address di masing-masing komputer. IP Address komputer dan modem harus berada dalam 1 network (lebih mudah jika mengaktifkan mode DHCP Server di modem). Jika masih belum bisa mengakses Speedy dengan cara diatas, langsung hubungi 147 untuk penanganan lebih lanjut (lebih baik meminta Teknisi Speedy untuk datang langsung ke rumah)
Tukang Serpis Komputer - Service Komputer dan Laptop Panggilan Jakarta
Area 1 :
Kelapa Gading - Sunter - Priok - Cakung - Pegangsaan - Pulomas - Cempaka Putih - Jatinegara - Matraman - dan area sekitarnya
Area 2 :
Cibubur - Cikeas - Ciangsana - Kota Wisata - Kota Legenda - Jati Asih - Komsen -  Villa Nusa Indah - dan area sekitarnya
021-49022229 atau 021-93222296 atau 083-888-888-73

2 komentar:

  1. atau bisa kesini http://cibubur1.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. atau bisa kesini http://cibubur1.blogspot.co.id/

    BalasHapus