Kamis, 19 April 2012

Perkenalan tentang SATA

Serial ATA - atau hanya SATA - adalah standar hard disk dibuat untuk menggantikan interface ATA paralel, alias IDE.
SATA menyediakan transfer rate 150 MB / s atau 300 MB / s terhadap maksimum MB / s 133 menggunakan teknologi sebelumnya.
Dalam postingan ini kita akan menjelaskan semua yang anda perlu tahu tentang Serial ATA.
 
IDE konvensional port (sekarang disebut paralel ATA atau hanya PATA) transfer data secara paralel. Keuntungan dari transmisi paralel atas transmisi serial adalah kecepatan yang lebih tinggi dari model sebelumnya, melihat bahwa beberapa bit yang dikirim pada waktu yang sama. Kerugian yang besar, bagaimanapun, berkaitan dengan kebisingan. Seperti banyak kabel harus digunakan (setidaknya satu untuk setiap bit yang akan dikirim per giliran), satu kawat menghasilkan interferensi kepada lainnya. Inilah sebabnya mengapa ATA-66 dan hard disk yang lebih tinggi membutuhkan kabel khusus 80-kawat. Perbedaan antara ini kabel 80-kawat dan kabel 40-wire IDE biasa adalah bahwa itu termasuk kawat ground antara setiap kawat asli, memberikan perisai anti-gangguan.


Dalam semuanya postingan kami tentang, ATA-66 ATA-100 dan ATA-133 Hard Disk kita memberikan penjelasan mendalam tentang masalah ini. Pelimpahan tingkat maksimum saat ini dari standar IDE paralel adalah 133 MB / s (ATA/133).Serial ATA, di sisi lain, mentransmisikan data dalam mode serial, yaitu, satu bit per waktu. Pemikiran tradisional membuat kita untuk berpikir bahwa transmisi serial lebih lambat dari transmisi paralel. Ini hanya berlaku jika kita membandingkan transmisi menggunakan clock rate yang sama. Dalam hal ini transmisi paralel akan setidaknya delapan kali lebih cepat, karena mengirimkan sedikitnya delapan bit (satu byte) per siklus jam, dibandingkan dengan transmisi serial dimana hanya satu bit yang ditransmisikan per clock cycle. Namun, jika clock rate yang lebih tinggi digunakan pada transmisi serial, bisa lebih cepat dari paralel. Itulah yang terjadi dengan Serial ATA.


Masalah dalam meningkatkan transfer rate transmisi pararel adalah meningkatkan clock rate, karena nilai clock yang lebih tinggi, muncul lebih banyak masalah dengan gangguan elektromagnetik. Karena transmisi serial hanya menggunakan satu kawat untuk mengirimkan data memiliki lebih sedikit masalah dengan kebisingan, yang memungkinkan untuk menggunakan clock rate yang sangat tinggi, mencapai transfer rate lebih tinggi.


Serial ATA tingkat perpindahan standar dari 1.500 Mbps. Karena menggunakan 8B/10B coding - di mana setiap kelompok delapan bit dikodekan menjadi sejumlah 10-bit - clock rate efektif adalah 150 MB / s. Serial ATA perangkat berjalan pada kecepatan standar ini juga dikenal sebagai SATA-150. Serial ATA II memberikan fitur baru seperti Native Command Queuing (NCQ), ditambah tingkat kecepatan yang lebih tinggi dari 300 MB / s. Perangkat yang dapat berjalan pada kecepatan ini disebut SATA-300. Standar berikutnya yang akan dirilis akan SATA-600.


Penting untuk dicatat bahwa SATA II dan SATA-300 tidak sinonim. Satu dapat membangun sebuah perangkat yang berjalan hanya pada 150 MB / s tetapi menggunakan fitur baru yang disediakan oleh SATA II seperti NCQ. Perangkat ini akan menjadi perangkat SATA II, meskipun tidak berjalan pada 300 MB / s.


Native Command Queuing (NCQ) meningkatkan kinerja drive hard disk dengan penataan kembali pengiriman perintah oleh komputer. Singkatnya, jika motherboard anda mempunyai port SATA II dan  mendukung NCQ,pilihlah untuk membeli hard disk drive NCQ-enabled.


Hal ini juga sangat penting untuk melihat bahwa Serial ATA mengimplementasikan dua datapaths yang dipisahkan, satu untuk mengirim dan satu lagi untuk menerima data. Pada desain paralel hanya satu datapath tersedia, yang dibagi untuk kedua transmisi data dan resepsi. Kabel serial ATA terdiri dalam dua pasang kabel (satu untuk mengirim dan lainnya untuk penerimaan) menggunakan transmisi diferensial. Tiga kabel ground juga digunakan, sehingga Kabel serial ATA memiliki tujuh kabel.


Keuntungan lain menggunakan transmisi serial adalah bahwa lebih sedikit kabel perlu digunakan. Paralel port IDE menggunakan konektor 40-pin dan 80-kawat kabel datar. Serial ATA port menggunakan tujuh konektor pin dan tujuh-kawat kabel. Hal ini membantu banyak di sisi termal dari komputer, dengan menggunakan kabel tipis membuat udara mengalir lebih mudah di dalam casing PC.


Pada gambar di bawah ini Anda dapat membandingkan Serial ATA paralel IDE: bagaimana bentuk Kabel serial ATA, ukurannya dibandingkan dengan 80-kawat kabel datar IDE dan perbandingan antara aspek fisik dari port Serial ATA (merah pada Gambar 3 ) ke port IDE paralel (Dalam hijau kapur pada Gambar 3).
Gambar 1 : Kabel SATA

Gambar 2 : Perbandingan antara kabel Serial ATA dan kabel 80-kawat 
standar yang digunakan oleh perangkat IDE paralel.


Gambar 3 :Serial ATA port (merah) dan standar paralel port IDE (dalam hijau).
 
Tukang Serpis Komputer
021-49022229 atau 021-93222296 atau 0838-8888873
Jasa service komputer panggilan,
Area 1 : Kelapa Gading, Sunter, Cempaka Putih, Tanjung Priok, Tipar Cakung, Rawamangun, Jatinegara, Cakung, Pegangsaan, Pulo Gadung, Kemayoran, Otista, dan area sekitarnya
Area 2 : Cibubur, Kota Wisata, Kota Legenda, The Address, Citra Gran, Ciangsana, Cikeas, Bojong Kulur, Villa Nusa Indah 1, Villa Nusa Indah 2, Villa Nusa Indah 3, Sakura Regency, Komsen, Jati Asih, Jati Makmur, Jati Bening, Puri Nusapala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar