Sabtu, 21 April 2012

Perkenalan tentang SATA : Pemasangan


Pemasangan perangkat SATA sedikit berbeda dari perangkat IDE standar, karena Serial ATA adalah koneksi point-to-point, yaitu, Anda dapat menghubungkan satu perangkat per port (paralel IDE memungkinkan dua perangkat per port menggunakan konfigurasi master / slave ). Jadi memasang perangkat Serial ATA lebih mudah daripada menginstal IDE yang paralel: sambungkan salah satu ujung kabel pada port Serial ATA (biasanya terletak di motherboard) dan ujung lain kabel pada perangkat ingin Anda hubungkan (misalnya hard disk drive). Karena konektor ini memiliki tekukan, maka tidak dapat dipasang dalam posisi yang salah.


Serial ATA standar juga mendefinisikan kekuatan baru 15-pin supply konektor. Konektor ini dibuat spesifikasi standar dari ATX12V 1,3. Jadi jika komputer Anda memiliki power supply ATX12V 1,3 atau di atasnya, akan memiliki konektor ini. Meskipun konektor 15-pin yang digunakan, ini sambungan listrik hanya menggunakan lima kabel (satu +12 V, satu +5 V, satu +3,3 V dan dua Ground).

SATA-300 hard disk drive mungkin memiliki konfigurasi jumper untuk memaksa dorongan untuk bekerja sebagai perangkat SATA-150. Masalahnya adalah bahwa jika jumper ini dipasang pada posisi SATA-150, akan membatasi kinerja disk drive jika dipasang pada motherboard dengan port SATA-300.

Konfigurasi yang benar dari jumper ini sangat penting dan kami akan menjelaskannya secara rinci di postingan berikutnya.

Jadi pemasangan hard disk drive SATA agak sederhana: menghapus atau mengubah posisi jumper SATA-150/SATA-300 (jika tersedia, informasi rinci di postingan berikutnya), sambungkan kabel Serial ATA dan kabel power ketika PC anda dalam keadaan mati dan hanya itu.


Gambar 4 : Konektor yang ada pada hard disk SATA (lengkap)

Gambar 5: konektor power Serial ATA yang ditemukan di Power Supply ATX12V revisi 1,3 dan di atasnya.

Gambar 7 : Hard disk SATA terhubung dengan motherboard

Gambar 8Standar drive hard disk IDE hard disk "diubah" menjadi Serial ATA melalui adaptor.


bersambung..

Tukang Serpis Komputer
021-49022229 atau 021-93222296 atau 0838-8888873

Jasa service komputer panggilan,
Area 1 : Kelapa Gading, Sunter, Cempaka Putih, Tanjung Priok, Tipar Cakung, Rawamangun, Jatinegara, Cakung, Pegangsaan, Pulo Gadung, Kemayoran, Otista, dan area sekitarnya
Area 2 : Cibubur, Kota Wisata, Kota Legenda, The Address, Citra Gran, Ciangsana, Cikeas, Bojong Kulur, Villa Nusa Indah 1, Villa Nusa Indah 2, Villa Nusa Indah 3, Sakura Regency, Komsen, Jati Asih, Jati Makmur, Jati Bening, Puri Nusapala




Tidak ada komentar:

Posting Komentar