Rabu, 06 Juni 2012

Cara Aman Uninstall Ubuntu Dari Sebuah PC Dual Boot Windows

Sobat Tukang Service Komputer Panggilan, dalam post kali ini kami akan kembali memberikan kepada kalian ilmu komputer di blog ini. Saat ini mari kita membahas tentang pc atau laptop yang telah di pasang dual boot Windows dan Linux khususnya Ubuntu.

Linux adalah sistem operasi yang hebat dan kita sering menemukan orang yang memakainya, dan kita bukan akan mendiskusikan mengenai instalasi Linux.

Sebaliknya, saya akan berbicara tentang bagaimana uninstall Linux Ubuntu (atau sistem operasi lain) dari pc windows booting ganda / dual boot, dan masih bisa boot ke OS lain (windows) tanpa banyak kerja. Jadi mari kita mulai membagi ilmu komputer ini.



Backup File Linux Anda 

Hal ini sering di ingatkan, tetapi memback-up benar-benar sangat penting. Jika Sobat Service Komputer Panggilan telah menggunakan sistem Linux pada komputer anda untuk beberapa waktu, kemungkinan Anda akan menciptakan file yang tidak ingin anda hilangkan. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat boot ke Linux, backup file Anda (periksa direktori Home Anda) pada perangkat eksternal atau ke partisi Windows.

Atau jika Anda entah dengan bagaimana berhasil mengacaukan dan tidak dapat boot ke Linux, Anda dapat menggunakan IFS ext2 yang memungkinkan Anda akses ke paritions Linux Anda. Ini hanya dapat membaca filesystem ext2 dan ext3 sekalipun. Jika Anda menggunakan filesystem lain, Anda harus melihat-lihat sedikit untuk aplikasi serupa. Dalam hal apapun, Anda selalu dapat boot dari live CD Linux untuk cadangan file jika semuanya gagal.

Hapus Partisi Linux

Langkah selanjutnya: menghapus setiap partisi Linux. Ini mencakup segalanya - boot, swap, home, apapun cara Anda mengatur sistem anda, sekarang saatnya untuk menghapus semua partisi Linux. Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini, yang paling mudah dari dalam Manajemen Komputer Windows '
Anda perlu (Gambar Windows 7):

  • Login ke account dengan hak akses administratif.
  • Klik kanan pada My Computer, klik 'Manage'.
  • Pilih 'Disk Management' di bawah kategori 'Storage' dan Anda akan melihat semua partisi anda terdaftar di sana.
     
Berikutnya, Anda perlu mengidentifikasi partisi Linux. Partisi Linux umumnya tidak memiliki sistem file tercantum dengan mereka jika Windows tidak mengenalinya, jadi ini dapat berfungsi sebagai petunjuk. 
Cara lain dapat mengidentifikasi dengan ukuran atau nomor partisi. Anda dapat menggunakan manajer partisi, ini umumnya lebih baik dalam mengidentifikasi filesystem. Silakan, menghapus partisi, tapi pastikan Anda menghapus yang benar. Linux akan hilang dan begitu juga GRUB, yang memungkinkan Anda untuk memilih sistem operasi untuk digunakan pada saat boot. Jadi saat ini, Anda tidak dapat boot ke sistem operasi lain, tanpa bantuan. Kita akan memperbaikinya segera.

Restore MBR

Seperti yang kita ketahui, GRUB hilang dan kemampuan untuk boot ke Windows juga hilang. Sekarang Anda perlu boot dari CD Windows / DVD untuk mengembalikan Master Boot Record. Anda juga dapat menggunakan Live CD lain seperti salah satu favorit mutlak saya dan HBCD sangat dianjurkan hanya jika anda tidak memiliki CD / DVD instalasi Windows. Berikut langkah-langkahnya:

- Boot dari Windows CD / DVD dan pilih "Repair" ketika itu muncul.
- Pilih command prompt di layar yang dihasilkan dan menjalankan dua perintah berikut:
         bootrec / fixmbr
         bootrec / fixboot

- Pengguna XP harus menjalankan recovery console dari CD Windows XP dan kemudian ketik fixmbr ketika pada command prompt.

Atur Kembali Free Spacenya 

Restart sekarang, keluarkan CD dan Anda harus dapat boot ke instalasi Windows Anda. Setelah itu, Mulai lah mengatur kembali ruang bebas unpartitioned yang sebelumnya diisi oleh Linux. Untuk melakukannya sangat mudah:
  • Jalankan Disk Management seperti sebelumnya.
  • Klik kanan pada ruang unparitioned, pilih partisi baru atau drive logis baru.
  • Tentukan ukuran dan pilihan lain sesuai dengan kebutuhan Anda dan Anda selesai.

Ruang bebas sekarang seharusnya dapat diakses dari My Computer seperti partisi lain. Atau, Anda dapat membuat beberapa partisi dari ruang kosong atau mengubah ukuran partisi yang ada sesuai kebutuhan. Anda dapat menggunakan utility seperti GParted, Easeus Partition Master atau salah satu dari manajemen partisi yang banyak ditemukan pada HBCD untuk melakukan tugas canggih tersebut dengan mudah.


PT. Hewios Karya Wijaya
Tukang Serpis Komputer - Authorized Partner Eset Indonesia
Service Komputer Kelapa Gading, Sunter, Cempaka Putih, Plumpang, Jatinegara, Cakung, Pulo Gebang, Pulo Gadung, Rawamangun, Semper, Pegangsaan, Pulomas, Cibubur, Cikeas, Ciangsana, Kota wisata

2 komentar:

  1. kalo ga punya kaset windows gmnma kk?

    BalasHapus
  2. Pakai HBCD (Hirens Boot CD) bisa untuk membetulkan MBR..

    http://eset.service-komputer.net
    ESET NOD32 Antivirus Authorized Partner

    BalasHapus