Jumat, 18 Januari 2013

Perbedaan versi dalam Microsoft Windows 7


Seringkali kita membeli sesuatu karena gengsi atau ikut-ikutan yang lain. Dalam ilmu komputer tentunya kita mengetahui ada nya OS (Operating System) yaitu sebuah system berfungsi sebagai perantara di antara software (perangkat lunak) dan hardware (komponen - perangkat keras). OS juga bertanggung-jawab dalam mendistribusikan dan menggunakan sumber komputer – seperti memori, CPU, monitor, dll – kepada setiap aplikasi yang dijalankan.

Salah satu OS yang paling terkenal adalah Microsoft Windows 7.
Tahukah anda kalau di pasaran ada banyak jenis Microsoft Windows 7 seperti Microsoft Windows 7 Starter, Microsoft Windows Home Basic, Microsoft Windows 7 Home Premium, dll.
Apakah perbedaan dari masing-masing versi Windows tersebut?
Akan kami jelaskan perbadaan jenis masing-masing produk tersebut di bawah ini :


Windows 7 Starter

Versi ini adalah versi terendah dari Microsoft Windows 7 yang di jual di seluruh dunia, biasanya versi ini hadir sebagai bawaan dari paket komputer baru atau laptop/notebook/netbook baru.
Fitur yang di tonjolkan disini adalah : Taskbar, Windows Media Player, Backup dan Restore, Jump List, Action Center, Device Stage, Play To, Fax, Scan, Game sederhana.
Fitur yang tidak tersedia : Aero Glass, Modifikasi Desktop, Windows Touch, Media Center, Live Thumbnail Preview, Multi Bahasa, Home Group Creation, hanya support RAM sampai dengan 2 Gb, tidak ada versi 64 bit.
Keterangan : dengan Microsoft Windows 7 Starter, user atau pengguna tidak bisa mengubah wallpaper atau tema windowsnya. Ketika pertama kali launching, Windows 7 Starter cuma dapat menjalankan 3 aplikasi secara bersamaan, akan tetapi hal ini dihilangkan pada update selanjutnya, sehingga user sekarang ini bisa menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, tetapi tetap karena terbatasnya memory tidak di sarankan menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.
Hanya sekedar informasi, semua Windows 7 versi 32 bit selain Windows 7 Starter dapat menggunakan RAM maksimal sampai 4 Gb, bila RAM anda lebih dari 4 Gb gunakanlah Microsoft Windows 7 versi 64 Bit.

Windows 7 Home Basic

Versi ini di jual di negara tertentu saja termasuk di Indonesia.
Fitur yang di tonjolkan disini adalah : Fast user switching (multi user), dapat menggunakan banyak monitor, mengganti wallpaper, Desktop Windows Manager, Network Printing, Internet Connection Sharing, sebagian windows Aero.
Fitur yang dibatasi : Tidak bisa membuat homegroup baru, tidak ada Multi Touch, premium games, Windows Media Center, Aero tidak full, tidak di sertakan DVD decoder (mpeg2 dan Dolby Digital), tidak ada multi bahasa.

Windows 7 Home Premium

Versi ini di pasarkan secara global.
Fitur yang di tonjolkan : Aero Glass, Aero Background, dapat membuat Home Group baru, Windows Touch, dapat memutar dan membuat DVD, Media Center, premium games dan Mobility Center.
Keterbatasan fitur : tidak ada Remote Desktop Host, Join Domain, backup melalui jaringan, Ecnryption File System, Offline Folder.

Windows 7 Professional

Versi ini di buat untuk kalangan IT dan menengah keatas.
Fitur utamanya adalah : bisa join Domain, Windows XP Mode, Location Aware Printing, Remote Desktop Host, Presentation Mode, Mobility Center, Offline Folder.
Fitur yang tidak terdapat di versi ini : Applocker, Bitlocker, Bit Locker To Go, Branche Cache, Direct Access, MUI language pack, boot dari VHD,
Keterangan : Pada Windows versi ini di tawarkan semua fitur edisi yang di bawahnya, dan juga di sediakan fitur Windows XP mode yang tidak ada dalam edisi-edisi Windows yang tertulis diatas.

Windows 7 Enterprise

Versi ini di keluarkan untuk target pasar perusahaan atau corporate.
Fitur yang ada dalam versi ini adalah: Applocker, Bitlocker, Bit Locker To Go, Branche Cache, Direct Access, MUI language pack, boot dari VHD,
Keterbatasan : tidak untuk lisensi retail.
Keterangan :Windows 7 Enterprise di publish dengan menggunakan lisensi berdasarkan volume. 

Windows 7 Ultimate

Versi ini sama seperti Windows 7 Enterprise, tetapi versi ini di tujukan untuk retail atau pembelian satuan.

Setiap edisi Windows yang lebih tinggi mempunyai semua fitur edisi yang di bawahnya.

Nah, sekarang jadi tahukan perbedaan-perbedaan dari masing-masing versi Microsoft Windows 7.
Dari perbedaan ini setidaknya kalian dapat mengetahui kebutuhan dapat terpenuhi oleh Windows yang mana. Dari patokan diatas kita dapat lebih irit dalam membeli OS kita dan juga dapat membuat komputer kita berjalan lebih cepat.
Karena bagaimanapun juga semakin banyak fitur maka kebutuhan akan resource dari komputer juga akan semakin tinggi.

Tukang Serpis Komputer | PT. Hewios Karya Wijaya
ESET Indonesia Authorized Partner
Jasa servis komputer panggilan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar